Kho Peng Leo

kuping gajah leo makanan tradisional khas yogyaGajah dan Singa (Leo) semestinya adalah dua hewan yang karakter kebinatangannya sangat berbeda. Yang satu lebih kalem, dan satunya lagi penuh semangat. Namun bagi orang Jawa, kedua hewan itu terlihat memiliki kuping yang serupa.

Coba pegang dahi Anda, sepertinya sedang mengkerut mengernyit menyimak frase ‘memiliki kuping yang serupa’. Bukankah kuping singa cenderung kecil sedangkan kuping gajah dipastikan sangat lebar?

Mungkin ini akan menjadi misteri sepanjang masa, mengapa kho peng leo (baca: kuping leo) dan kuping gajah dijadikan sebutan bagi satu makanan ringan yang sama. Yaitu makanan sejenis kerupuk, terbuat dari tepung beras berasa agak manis, berbentuk lingkaran belang-belang. Ya, makanan ini kadang disebut kuping leo oleh sebagian orang (Jawa), dan disebut kuping gajah oleh sebagian orang (Jawa) yang lain. Macan belang sepertinya bisa lebih diterima karena bersaudara dengan kucing belang. Hla kalau Gajah, apa ya ada to yang belang kupingnya?! Ah, sebagian orang Jawa (Jogja khususnya), memang aneh dan nglucunya kebangeten!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *