Dahsyatnya Senyum dan Anggukan di Yogyakarta

Percaya nggak percaya.
Di Jogja, dengan berbekal senyum dan anggukan saja Anda bisa terhindar dari masalah. Setidaknya dari omelan atau pandangan marah orang. Misalnya saja, Anda menjatuhkan barang di toko (bukan pecah belah, lho!), tak sengaja menyenggol orang, hampir menyerempet kendaraan lain di jalan raya, suara ringtone HP berbunyi keras saat ngantri di bank atau Rumah Sakit, segeralah berikan senyuman plus anggukan pada orang-orang di sekitar Anda. Biasanya mereka akan meleleh, tidak jadi terusik marah atau memandang tajam menyalahkan. Sebaliknya, mereka justru akan bersimpati pada Anda, tak jarang malah tersenyum balik (bonus!).

Senyum dan anggukan juga dahsyat digunakan tatkala menyeberang jalan yang padat lalu lintas. Para pengendara motor/mobil otomatis akan memelankan kendaraan, bukannya melesat memanfaatkan celah yang sebenarnya masih bisa dia manfaatkan.

Uniknya, orang Jogja terbiasa senyum dan mengangguk duluan sebelum orang lain melakukannya. Tidak masalah siapa yang salah atau benar, siapa yang mengganggu atau terganggu. Jadi, ini adalah sebuah bahasa pengertian dalam pergaulan. Agar sesuatu tidak perlu menjadi besar atau dibesar-besarkan.

Lha kalau Anda sudah melakukan ajian ini tapi ternyata tidak mendapat respon yang diharapkan, kemungkinannya ada dua. Senyum Anda kurang terlihat (tidak tulus), atau orang tersebut adalah warga pendatang yang belum lama tinggal di Jogja. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *